Davies
(dalam Aunurrahman, 2010:113), mengingatkan beberapa hal yang dapat dijadikan
kerangka dasar bagi penerapan prinsip-prinsip belajar dalam proses pembelajaran
yaitu;
a. Hal
apapun yang dipelajari siswa maka ia harus mempelajari sendiri. Tidak ada
seseorangpun yang dapat melakukan kegiatan belajar tersebut untuknya.
b. Setiap
siswa belajar menurut tempo (kecepatannya) sendiri dan setiap kelompok umur,
terdapat variasi dalam kecepatan belajar.
c. Seorang
siswa belajar lebih banyak bilamana setiap langkah segera diberi penguatan (reinforcement).
d. Penguasaan
secara penuh dari setiap langkah-langkah pembelajaran, memungkinkan siswa
belajar secara lebih berarti.
e. Apabila
siswa diberikan tanggung jawab untuk mempelajari sendiri, maka ia lebih
termotivasi untuk belajar, dan ia akan belajar dan mengingat lebih baik.
Prinsip
belajar menunjuk kepada hal-hal penting yang harus dilakukan guru agar terjadi
proses belajar siswa sehingga proses pembelajaran yang dilakukan dapat mencapai
hasil yang diharapkan. Prinsip-prinsip belajar juga memberikan arah tentang apa
saja yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar para siswa dapat berperan aktif di
dalam proses pembelajaran. Bagi guru, kemampuan menerapkan prinsip-prinsip
belajar dalam proses pembelajaran akan dapat membantu terwujudnya tujuan
pembelajaran yang dirumuskan dalam perencanaan pembelajaran. Sementara bagi siswa prinsip-prinsip pembelajaran akan
membantu tercapainya hasil belajar yang diharapkan.
No comments:
Post a Comment