Profil

My photo
Padang, Sumatera Barat, Indonesia
Nama saya Afri Mardicko, dosen di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Saya putra asli Minang dan Jawa. Suku Minang saya adalah Caniago solok.

Sunday, November 17, 2019

Prinsip Balikan dan Penguatan

Prinsip balikan dan penguatan merupakan implementasi dari teori belajar belajar yang dikemukakan oleh Skinner melalui Teori Operant Conditioning dan salah satu dari belajar dari Thorndike yaitu “law of effect”. Menurut hukum belajar ini, siswa akan belajar lebih semangat apabila mengetahui dan mendapatkan hasil yang baik. Namun dorongan belajar, menurut Skinner tidak hanya muncul karena pengutan yang menyenangkan, akan tetapi juga terdorong oleh penguatan yang tidak menyenangkan. Dengan kata lain penguatan positif dan negatif dapat memperkuat belajar.
Memberikan balikan dan penguatan merupakan hal yang kedengarannya sederhana dan mudah, akan tetapi seringkali tidak terlalu mudah untuk dilakukan oleh setiap guru. Hambatannya bisa dalam bentuk yang berbeda. Beberapa guru mungkin belum terbiasa melakukanya, sangat mungkin karena anggapan mereka belum menempatkan ‘penguatan“ sebagai suat yang penting  dalam proses pembelajaran. Karena itu perlu upaya-upaya latihan agar keadaan tersebut menjadi terbiasa untuk dilakukan.
Sumantri dan Permana (dalam Aunurrahman, 128:2010) mengemukakan secara khusus beberapa tujuan dari pemberian penguatan, yaitu:
1. Membngkitkan motivasi belajar siswa.
2.  Merangsang sisa berpikir lebih baik.
3.  Menimbulkan perhatian siswa.
4.  Menumbuhkan kemampuan berinisiatif secara pribadi
5.  Mengendalikan dan mengubah sikap negative siswa dalam belajar kea rah perilaku yang mndukung belajar.

Terdapat beberapa jenis penguatan yang dapat dilakukan guru (Aunurrahman, 129:2010):
1. Penguatan verbal yaitu penguatan yang diberikan guru berupa kata-kata/kalimat yang diucapkan seperti: “bagus, baik, smart, tepat dan sebagainya”.
2. Penguatan gestural yaitu penguatan berupa gerak tubuh atau mimik muka yang member arti/kesan baik kepada siswa. Pengutan gestural dapat berupa: tepuk tangan,acungan jempol, anggukan, tersenyum, dan sebagainya. 

No comments:

Post a Comment

HAKIKAT PEMBELAJARAN

1. Makna Pembelajaran Pada bab 1 kita sudah membahas tentang makna belajar. Supaya belajar dapat terlaksana dengan baik dan maksimal maka ...