Profil

My photo
Padang, Sumatera Barat, Indonesia
Nama saya Afri Mardicko, dosen di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Saya putra asli Minang dan Jawa. Suku Minang saya adalah Caniago solok.

Sunday, November 17, 2019

Prinsip Tantangan

Deporter (dalam Aunurrahman,125:2010) mengemukakan bahwa studi-studi menunjukkan bahwa siswa lebih banyak belajar jika pelajarannya memuaskan, menantang, serta ramah, dan mereka memiliki peran di dalam pengambilan keputusan. Bilamana siswa merasa tertantang dalam suatu pelajaran, maka ia dapat mengabaikan aktivitas lain yang dapat mengganggu kegiatan belajarnya.
Model-model pembelajaran yang menempatkan siswa hanya menerima saja apa yang diberikan atau disampaikan oleh guru, memiliki kadar keterlibatan mental yang sangat rendah. Dalam pandangan knstruktivisme semua pengetahuan yang kita peroleh adalah kontruksi kita sendri.
Dalam kaitan dengan prinsip-prinsip tantangan ini diharapkan guru secara cermat dapat memilih dan menentukan pendekatan-pendekatan dan metode pembelajaran yang dapat memberikan tantangan bagi siswa untuk belajar
Beberapa bentuk kegiatan berikut yang dapat dijadikan sebagai acuan bagi guru untuk menciptakan tantangan dalam kegiatan belajar (Aunurrahman, 127:2010) yaitu;
1. Merancang dan mengelola kegiatan inquiry dan ekperimen.
2. Memberikan tugas-tugas pemecahan masalah kepada siswa.
3. Mendorong siswa untuk membuat kesimpulan pada setiap sesi pembelajaran.
4. Mengembangkan bahan-bahan pembelajaran yang menarik.
5. Membimbing siswa menemukan fakta, konsep, prinsip dan generalisasi.
6. Merancang dan mengelola kegiatan diskusi.

No comments:

Post a Comment

HAKIKAT PEMBELAJARAN

1. Makna Pembelajaran Pada bab 1 kita sudah membahas tentang makna belajar. Supaya belajar dapat terlaksana dengan baik dan maksimal maka ...