Profil

My photo
Padang, Sumatera Barat, Indonesia
Nama saya Afri Mardicko, dosen di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Saya putra asli Minang dan Jawa. Suku Minang saya adalah Caniago solok.

Sunday, November 17, 2019

Prinsip Belajar

Prinsip belajar dikaji dari ranah pembelajaran,mencangkup prinsip belajar kognitif, prinsip belajar afektif dan prinsip belajar psikomotorik.
A.    Prinsip Belajar Kognitif
Beberapa hal berikut yang sangat penting di perhatikan dalam proses pembelajaran kognitif:
1.  Perhatian harus dipusatkan pada aspek-aspek lingkunagn yang relevan sebelum proses belajar kognitif terjadi.
2. Hasil belajar kognitif akan bervariasi sesuai dengan taraf dan jenis perbedaan individual yang ada.
3.   Bentuk-bentuk kesiapan perbendaharaan kata atau kemampuan membaca, kecakapan dan pengalaman berpengaruh langsung terhadap proses belajar kognitif.
4.      Pengalaman belajar harus diorganisasikan ke dalam satuan-satuan atau unit-unit yang sesuai.
5.  Bila menyajikan konsep, kebermaknaan dalam konsep amatlah penting. Perilaku mencari, penerapan, pendefenisian resmi dan penilaian sangat diperlukan untuk menguji bahwa suatu konsep benar-benar bermakna.
6.   Dalam pemecahan masalah, para siswa harus dibantu untuk mendefenisikan dan membatasi lingkup masalah, menemukan informasi yang sesuai, menafsirkan dan menganalisis masalah dan memungkinkan tumbuhnya kemampuan berpikir yang multy dimensional (divergent thinking)

B.     Prinsip Belajar Afektif
Pembelajaran afektif dapat dilaksanakan dengan baik dalam upaya mencapai hasil belajar yang diharapkan bilamana guru memperhatikan beberapa hal berikut:
1.  Sikap dan nilai tidak hanya diperoleh dari proses pembelajaran langsung, akan tetapi sering diperoleh melalui proses identifikasi dari orang lain.
2.   Sikap lebih mudah dibentuk karena pengalaman yang menyenangkan.
3.   Nilai-nilai yang ada pada diri individu dipengaruhi oleh standar perilaku kelompok.
4.  Bagaimana parsa siswa menyesuaikan diri dan member reaksi terhadap situasi akan member dampak dan pengaruh terhadap proses belajar afektif.
5.   Dalam banyak kesempatan nilai-nilai penting yang diperoleh pada masa kanak-kanak akan tetap melekat sepanjang hayat.
6.    Proses belajar di sekolah dan kesehatan mental memiliki hubungan yang erat.
7.  Model interaksi guru dan siswa yang positif dalam proses pembelajaran di kelas, dapat memberikan kontribusi bagi tumbuhnya sikap positif di kalangan siswa.
8.  Para siswa dapat dibantu agar lebih matang dengan cara memberikan dorongan bagi mereka untuk lebih mengenal dan memahami sikap, peranan serta emosi.

C.     Prinsip Belajar Psikomotorik
Terdapat beberapa hal penting yang perlu diketahui guru berkenaan dengan pembelajaran psikomotorik:
1. Perkembangan psikomotorik anak, sebagian berlangsung secara beraturan, dan sebagian diantaranya tidak beraturan.
2. Di dalam tugas suatu kelompok akan menunjukkan variasi kemampuan dasar psikomotorik.
3.      Struktur ragawi dan sistem syaraf individu membantu menentukan taraf keterampilan psikomotorik.
4.      Melalui aktifitas bermain dan aktifitas informal lainnya para siswa akan memperoleh kemampuan mengontrol gerakannya secara lebih baik.engan kematangan fisik dan mental, kemampuan belajar untuk memandukan dan memperluas gerakannya secara lebih baik.
5.      Seirama dengan kematangan fisik dan mental, kemampuan belajar untuk memadukan dan memperluas gerakan motorik akan lebih diperkuat.
6.  Faktor-faktor lingkungan memberikan pengaruh terhadap bentuk dan cakupan penampilan psikomotor individu.
7.  Penjelasan yang baik, demonstrasi dan partisipasi aktif siswa dapat menambah efesiensi belajar psikomotorik.
8. Latihan yang cukup yang diberikan dalam rentang waktu tertentu dapat  danmemperkuat proses belajar psikomotorik.
9. Tugas-tugas psikomotorik yang terlalu sukar bagi siswa dapat menimbulkan keputusasaan dan kelelahan yang lebih cepat 

No comments:

Post a Comment

HAKIKAT PEMBELAJARAN

1. Makna Pembelajaran Pada bab 1 kita sudah membahas tentang makna belajar. Supaya belajar dapat terlaksana dengan baik dan maksimal maka ...